Sabtu, 10 Desember 2022

ForBINA Tumbuhkan Minat Investasi Warga Aceh, Ini Caranya!

- Rabu, 28 September 2022 | 16:23 WIB
Direktur Forum Bangun Investasi Aceh, Muhammad Nur. (ANTARA/HO)
Direktur Forum Bangun Investasi Aceh, Muhammad Nur. (ANTARA/HO)

MEULABOH, kilat.com - Forum Bangun Investasi Aceh (ForBINA) mendukung langkah Pj Gubernur Aceh untuk mempercepat proses investasi di Aceh dengan memperhatikan pemanfaatan dan perizinan tata ruang (RTRW).

"Gagal tidak-nya investasi di Aceh sangat tergantung pada kebijakan penataan ruang," kata Direktur ForBINA Muhammad Nur seperti dilansir Antara pada Senin (26/9/2022) di Meulaboh.

Sebagaimana diketahui, saat ini Pemerintah Aceh sedang mengevaluasi kebijakan penyelenggaraan penataan ruang melalui Revisi Qanun Nomor 19 Tahun 2013 Tentang RTRW Aceh.

Menurut dia, jika kebijakan penataan ruang tersebut tidak diperhatikan secara serius oleh para pelaku usaha di Aceh, maka dikhawatirkan investasi di Aceh tidak akan berjalan dengan mulus.

Hal ini terjadi akibat salah dalam memahami kebijakan ruang yang mengakibatkan adanya gugatan dari pihak strategis serta pada akhirnya akan berhadapan dengan persoalan hukum.

Kondisi itu berpotensi mengganggu iklim investasi di Aceh, karena ketiadaan jaminan hukum yang memadai, bisa menyebabkan ketidakpastian bagi para pelaku usaha.

Ia juga meyakini, jika investasi di sektor perkebunan dan kehutanan di Aceh dievaluasi secara menyeluruh, dipastikan sangat besar potensi penyimpangan yang terjadi baik dari segi pemanfaatan ruang, fungsi ruang serta peruntukannya, belum lagi persoalan administrasi.

Menurut dia, revisi RTRW Aceh bukanlah pemutihan atas penyimpangan pemanfaatan ruang yang telah terjadi selama ini.

Pihaknya berharap pembangunan Aceh ke depan, khususnya di sektor lingkungan, harus sesuai daya dukung dan daya tampung lingkungan. Sehingga Aceh punya harapan dalam investasi yang berwawasan lingkungan hidup dengan memperhatikan daya rusak lingkungan yang tidak masif.

Halaman:

Editor: Anggi Tiar

Tags

Terkini

Apa Itu Bitcoin? Ini Penjelasan dan Keunggulannya

Senin, 5 Desember 2022 | 11:50 WIB

Jelang Natal, Harga Telur dan Hasil Bumi Naik!

Senin, 5 Desember 2022 | 09:10 WIB
X