Sabtu, 10 Desember 2022

Babak Baru Beijing-Taliban

- Senin, 20 Desember 2021 | 08:00 WIB
Dewan Pemerintahan China sekaligus Menteri Luar Negeri China Wang Yi (kanan) menyambut kedatangan Ketua Komisi Politik Taliban Afghanistan Mullah Abdul Ghani Baradar di Tianjin, China, pada 28 Juli 2021. ANTARA/HO-FMPRC/mii
Dewan Pemerintahan China sekaligus Menteri Luar Negeri China Wang Yi (kanan) menyambut kedatangan Ketua Komisi Politik Taliban Afghanistan Mullah Abdul Ghani Baradar di Tianjin, China, pada 28 Juli 2021. ANTARA/HO-FMPRC/mii

CHINA, kilat.com- Pesawat militer berbadan lebar C-17 milik Angkatan Udara Amerika Serikat lepas landas dari Bandar Udara Internasional Hamid Karzai, Kabul, pada menit-menit akhir menjelang tengah malam tanggal 31 Agustus 2021 di ibu kota Afghanistan itu.

Pasukan militer AS, termasuk para komandan mereka, dan Duta Besar AS untuk Afghanistan Ross Wilson, berada dalam kelompok terbang (kloter) terakhir yang meninggalkan Kabul pada malam itu.

Penerbangan terakhir itu berlangsung mudah karena diwarnai dengan serangkaian ledakan bom di sekitar bandara yang menewaskan lebih dari 100 orang, termasuk 13 di antaranya tentara AS.

Bertolaknya pesawat militer AS buatan Boeing itu juga menyisakan peristiwa ironi. Beberapa warga sipil Afghanistan yang nekad "gandol" pesawat tewas bersimbah darah di sekitar area bandara.

Tubuh mereka terlempar dan sempat melayang-layang di udara sebelum jatuh ke bumi.

Para korban, yang merupakan penduduk setempat, itu memilih mati dengan cara yang tragis dan sangat tidak realistis daripada harus tunduk kepada pasukan gerilyawan Taliban yang berhasil merebut kembali Afghanistan.

Penerbangan 31 Agustus itu menandai berakhirnya seluruh rangkaian proses penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

"Misi militer kami di Afghanistan akan selesai pada 31 Agustus," kata Presiden AS Joe Biden dalam pidatonya di Gedung Putih pada 8 Juli 2021.

Instruksi dari Gedung Putih tersebut dilaksanakan sesuai rencana. Terhitung sejak 14 Agustus, sudah 122 ribu orang diterbangkan keluar dari Kabul --sehari sebelum Taliban menguasai wilayah ibu kota.

Halaman:

Editor: Yuska Apitya Aji

Tags

Terkini

Catat! Ini 45 Link Twibbon Hari Anti Korupsi Sedunia

Jumat, 9 Desember 2022 | 19:28 WIB

UAE Gelar Peringatan Hari Persatuan ke-51

Selasa, 6 Desember 2022 | 03:20 WIB
X